«

»

Mar 26

Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen FMP di Batu Malang

(Kota Batu Malang, 20-22 Maret 2012). IPDN sebagai PTK memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagai agen pembangunan terkait dengan tanggung jawab untuk mempersiapkan kader kepamongprajaan generasi masa depan bangsa yang berkualitas. Hanya lembaga yang mampu melakukan perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement) dalam pembentukan keunggulan kompetitif yang mampu untuk berkembang di era globalisasi dan pasar bebas. IPDN sebagai Perguruan Tinggi semestinya dapat menjadi lembaga yang dinamis yang mampu melakukan perbaikan secara terus-menerus.

IPDN sebagai lembaga pendidikan tinggi semestinya senantiasa berupaya dengan sungguh-sungguh memberdayakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berkaitan dengan itu, Fakultas Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri secara konsisten berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi para dosennya. Salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Fakultas Manajemen Pemerintahan adalah menyelenggarakan “Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen”. Kegiatan Short Course di selenggarakan mulai dari tanggal 20 s.d. 22 Maret 2012, bertempat di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, Malang – Jawa Timur. Short Course diikuti sekitar 25 orang dosen muda di lingkungan Fakultas Manajemen Pemerintahan. Peserta Short Course terdiri dari para dosen pada Kampus IPDN Jatinangor, Kampus IPDN Cilandak Jakarta, Kampus IPDN Sulawesi Utara di Minahasa, Kampus IPDN Sumatera Barat di Bukittinggi. Materi yang disajikan dalam Short Course ini dinilai sangat relevan dan aktual dengan kebutuhan dan kurikulum yang dikembangkan di Fakultas Manajemen Pemerintahan. Selain itu, materi short course diberikan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya. Materi dan narasumber pada kegiatan short course tersebut adalah :

  1. Kepemimpinan Pemerintahan, oleh : Prof. Dr. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si (Rektor IPDN).
  2. Paradigma Baru Ilmu Pemerintahan, oleh : Dr. M.R. Khairul Muluk, M.Si (Dosen Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).
  3. Etika Pemerintahan, oleh : Prof. Dr. M. Irfan Islamy, MPA (Dosen Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).
  4. Reformasi Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, oleh : Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS (Dosen Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).
  5. Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah, oleh : Prof. Dr. H. Sumartono, MS (Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, dan Dosen Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang).
  6. Analisis Kebijakan Publik, oleh : Prof. Dr. H. Abdul Yuli Andi Gani (Dosen Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).
  7. Paradigma Pembelajaran, oleh : Prof. Dr. Nyoman S. Degeng, M.Pd (Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang).

Di sela-sela acara Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Fakultas Manajemen Pemerintahan Rektor IPDN Prof. Dr. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si selaku nara sumber menyampaikan beberapa hal penting bagi para dosen di lingkungan IPDN, antara lain :

  • Penekanan pada kata BERMUTU. Kata tersebut merupakan kata lain dari kualitas, selain itu kata BERMUTU juga merupakan singkatan dari Better, Employment, Redevelopment, Management, Universal, Teacher, dan Upgrading.
  • Bermutu harus senantiasa diikuti dengan peningkatan kualifikasi dari setiap individu para dosen.
  • Peningkatan kualifikasi harus diiringi dengan peningkatan reward (gaji, tunjangan, dan sebagainya) secara memadai pula.

Secara umum kegiatan Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Fakultas Manajemen Pemerintahan berjalan dengan baik dan dalam nuansa yang sangat kondusif. Semua peserta short course mengikuti kegiatan secara serius, aktif dan penuh dinamika. Hal tersebut tampak dari antusiasme dan partisipasi aktif para peserta dalam mengikuti semua sesi kegiatan. Para peserta juga memanfaatkan secara efektif setiap kesempatan berdialog/berdiskusi yang tersedia, sehingga proses pembelajaran berjalan penuh dinamika, menyenangkan dan berjalan dalam two-ways dialogues (dialog dwi arah). Bahkan pada sesi materi “Paradigma Pembelajaran” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nyoman S. Degeng, M.Pd terjadi penambahan waktu sekitar 1 (satu) jam atas permintaan para peserta short course.

Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN Bapak Drs. Sampara Lukman, MA pada acara penutupan kegiatan short course menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para narasumber yang telah bersedia mendampingi para peserta short course dengan menyampaikan materi sebagaimana yang telah ditentukan. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para peserta short course atas keseriusan dan partisipasi aktifnya dalam mengikuti kegiatan short course peningkatan kompetensi dosen FMP IPDN. Pihak Fakultas sebagai lembaga senantiasa berupaya untuk menfasilitasi peningkatan kualitas dan kompetensi para dosen dan tenaga kependidikan. Namun demikian, sampai saat ini lembaga masih menghadapi berbagai keterbatasan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan serupa secara lebih luas. Oleh karena itu, Dekan FMP menyampaikan harapannya agar semua dosen di lingkungan Fakultas Manajemen Pemerintahan untuk senantiasa berupaya memperluas wawasan keilmuan, mengembangkan kompetensi dan potensi diri melalui berbagai kesempatan dan media yang ada seperti internet, media massa, website dan sebagainya. (AHM)***

2 comments

  1. eldayoseva

    pendaftran kapan?

    1. afninooraini

      Mohon maaf kami baru membalas email dr ibu/bapak.
      Penerimaan calon praja IPDN tahun 2014/2015 Angkatan XXV tanggal 23-29 Agustus 2014 di Kab/Kota masingg-masing..Untuk info lebih lanjut http://ipdn.kemendagri.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>